Tampanabadi™

Sayuran Pembunuh Kanker

December 11, 2009

Ada kabar gembira bagi seseorang yang mengidap atau terdapat kanker di dalam tubuhnya. Menurut Cahyaning Puji Artuti sebagai Ketua Cancer Information and Suport Center (CISC) kota Semanrang, terdapat 11 macam sayuran yang telah teruji ampuh dapat mencegah munculnya penyakit kanker.  Sebagai pembicara dalam seminar “Menyiapkan Makanan Sehat Pencegah Kanker” di Rumah Sakit Telogorejo Semarang beliau mengatakan bahwa, “Buah – buahan dan sayuran sebenarnya jauh lebih hebat dibanding vitamin, tapi tidak semua sayuran dan buah merupakan antikanker.

Sayuran pencegah kanker yang dimaksud Cahyaning adalah kedelai, teh hijau, coklat, tomat, jeruk, bawang putih, kubis, bawang bombay, kunyit, blubery, strobery dan buah – buahan bery lainnya. Tapi walaupun buah – buahan dan sayuran tersebut mengandung antikanker perlu diperhatikan juga zat – zat yan gterkandung didalamnya dan proses pengolahannya.

Seperti contohnya pengolahan kubis jangan dimasak terlalu lama namu tetap harus diolah dengan bersih dan mengunyah dengan cermat agar khasiatnya tidak hilang. Bawang juga sangat efektif untuk mencegah kanker terutama kanker prostat, usus besar, paru – paru, lambung, saluran pencernaan dan kerongkongan. Kedelai mengandung senyawa antikanker yang bernama isoflavon. Senyawa ini memiliki struktur kimia yang mirip dengan hormon seks. Oleh karena itu konsumsi kedelai secara berlebihan tidak dianjurkan untuk penderita kanker payudara dan kanker prostat.

Selain itu, kata dia, resep menghindari risiko terkena kanker dapat dilakukan dengan menghindari makanan-makanan tertentu, misalnya, makanan yang diasinkan, makanan yang diasap, dan makanan yang digoreng.  Olahraga secara teratur, berhenti merokok, dan menghindari konsumsi daging merah juga merupakan penerapan pola hidup sehat yang perlu diterapkan untuk mencegah kanker..

Similar Posts:

Leave a Comment

Previous post:

Next post: